Wednesday 18 November 2015

Kitab Syarh Riyadhus Sholihin (كتاب شرح رياض الصالحين )

Riyaadhush Shaalihiin merupakan kitab mulia yang sangat dibutuhkan umat Islam. Kitab yang hanya terdiri dari satu jilid ini telah dicetak berkali-kali.

Imam an-Nawawi -rahimahulloh- membagi bahasannya menjadi beberapa kitab (tema pokok ) dan menjadikan setiap kitab itu sebagai judul untuk hadits-hadits yang tercakup dalam beberapa bab (pembahasan), yang intinya menerangkan satu masalah (perkara syari'at). Penulis juga membuat beberapa judul bahasan dari kitab-kitab tersebut, yakni dengan menjadikan bab sebagai judul untuk sejumlah hadits yang menunjukkan masalah tertentu. Secara keseluruhan, terdapat 19 kitab di dalamnya, tidak termasuk kitab pertama, dan terdapat 372 bab.


Dalam menulis kitab ini, Imam an-Nawawi -rahimahulloh- memulai pembukaan setiap bab dengan ayat-ayat dari al-Quran yang sesuai dengan tema bahasannya. Yang demikian itu karena as-Sunnah adalah pemerinci al-Qur-an al-Karim, sekaligus penjelas dan penerang baginya. Selain itu, Beliau -rahimahulloh- memberi harakat pada beberapa kalimat yang musykil (sulit dimengerti). la juga menafsirkan kosakata asing yang maknanya tersembunyi. Dan, ia mengakhiri setiap penukilan hadits dengan menjelaskan derajatnya.

Karena manfaatnya yang besar bagi Muslimin, banyak Ulama Islam yang mensyarah kitab Riyadhus Shalihin ini, Namun sangat disayangkan sekali, sebagian mereka menempuh faham yang rusak, seperti Firqoh Asy’ari yang terjatuh dalam ta’wil (menyimpangkan makna) ayat-ayat Asma wa Shifat Al Quran, dalam menjelaskan makna Ayat Al Quran dan sebagian hadits Rosululloh -Sholallahu Alaihi Wassalam- . juga sebagian yang lain menempuh firqoh Sufiyyah yang kental dengan nuansa “ kuburiyyun” nya.

Namun, tidak sedikit pula Syrah Riyadhus Shalihin yang menempuh Faham Salafush Shahih, manhaj/metode para Salaf dan Ulama Ahli hadits yang mengikuti faham Salaf dengan benar. Salah satu diantaranya ada Kitab Syarah Riyadhus Shalihin. Inilah rangkaian kitab terjemahan dari kitab Asli karya Al Allamah Fadlilatusy Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin -rahimahullah- berjudul Syarah riyadhus Shalihin, yang merupakan penjelas dari hadits-hadits yang terkandung dalam kitab Riyadhus Shalihin karya Imam Nawawi -rahimahullah-. Sebuah kitab kumpulan hadits Nabawi yang cukup sistematis yang memuat tema akhlak, dab, anjuran berbuat kebaikan atau Sunnah, dan larangan mengamalkan hal-hal keharaman dan makruh dan tema lainnya. Kitab ini hampir dipakai di semua kalangan muslimin baik di bidang lingkungan pendidikan ataupun selainnya.

bahkan ada yang berlebihan menggangap kitab Riyadhus Shalihin ini adalah buku pegangan setelah Al Quran. Ini suatu pendapat yang keliru, karena ada beberapa hadits dalam kitab Riyadhus Shalihin ini dinilai dhaif oleh ulama hadits. Oleh karena itu dalam edisi terjemahan Syarah Riyadhus Shalihin ini dilengkapi takhrij hadits yang menjelaskan penilaian kekuatan derajat hadits yang mengacu pada kitab- kitab hadits karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani -rahimahullah-

bisa dilihat dan didownload disini