Saturday 19 March 2016

At-Tibyan fi Ulumil Qur'an lie Shobuni

Kita tidak bisa memahami al-Qur’an dengan baik hanya bermodalkan al-Qur’an terjemahan. Untuk memahami al-Qur’an dengan benar perlu didukung oleh ilmu-ilmu yang berbicara khusus tentang persoalan al-Qur’an dari segi asbab al-nuzul, cara pengumpulan al-Quran, cara membaca (ilmu qira’at), ayat-ayat muhkam dan mutasyabih, I’rab al-Qur’an, kisah-kisah dalam al-Qur’an, tafsir al-Qur’an dan lain sebagainya. Semua itu dibahas tuntas dalam Ulumul Qur’an.
Ulumul Qur’an adalah salah satu jalan yang bisa membawa kita dalam memahami al-Qur’an. Kita juga perlu mengetahui pengertian Ulumul Qur’an, pokok pembahasan dan perkembangan Ulumul Qur’an serta siapa saja tokoh-tokoh penting yang berperang dalam mendongkrak munculnya ilmu ini.


At-Tibyan fi Ulumil Qur'an karya Muhi Ali Ash-Shabuni, ialah termasuk buku yang paling ringkas dan mudah untuk memahami al-Qur’an dan ilmunya. Buku ini termasuk yang dipakai di Kampus IIUI ini , dipelajari disemester 2, fakultas islamic studies (ushuludien) dan di fakultas Shariah and law.


Untuk mendownloadnya klik disini:
arab,