Thursday 16 June 2016

Kitab Al-Ikhtiyar li Ta'lilil Mokhtar

Sinopsis singkat Kitab Al-Ikhtiyar li ta'lilil mokhtar

 kitab fiqh imam Hanafi karya syaikh Abdullah bin Mahmud bin Maudud Al-mawsili. Dan ditahqiq oleh Syaikh mahmod abo daqiqoh yang didalamnya berisi 4958 halaman dan terdiri dari 5 jilid.

Dalam kitab ini mencangkup masalah-masalah fiqh dan hukum-hukumnya menurut madzab imam Abu Hanifah rahimahullah. manhaj penulisan kitab ini diawali dengan membahas tentang bab toharoh ,kemdian  solat, zakat, puasa, haji dsb.

Manhaj penlisanya  sama seperti manhaj penulisan kitab fiqh pada umumnya. walaupun bukan menjadi kitab utama madzab hanafi  tapi kitab ini termasuk salah satu kitab rujukan yang sering dipakai oleh ahnaf (baca; pengikut madzab imam Abu Hanifah rahimahullah.

Kitab ini juga dipakai sebagai kitab muqorror pelajaran fiqh nash di International islamic University Islamabad Pakistan , baik di fakultas islamic studies ataupun fakultas syariah and law. dengan bahasa yang mudah dipahami dan maklum (baca; masyhur) dikalangan ahlu ilmi para mahasiswa/i lebih mudah memahami kitab tsb.

untuk lebih jelasnya bisa langsung didownload kitab al-ikhtiyar li ta'lilil mokhtar via pdf dengan mengklik link berikut: Download