Sunday 19 June 2016

Kitab anees al-fuqoha fi ta'riifi alfad al-mutadawalah bainal fuqoha

Judul kitab : Kitab anees al-fuqoha fi ta'riifi alfad al-mutadawalah bainal fuqoha.

Ialah kitab yang ditulis oleh Syaikh Qosim ibn Abdillah Al-qonawi Ar-rumy Al-hanafi ,dan ditahqiq oleh Syaikh Yahya Murod.
Didalamnya terdapat 197 halaman dan diterbitkan oleh Maktabah Darul kitab al-ilmiyah pada tahun 2004.
Kitab ini memuat istilah-istilah fiqih , baik yang sudah masyhur ditelinga kita ataupun masih terasa asing ditelinga kita.
Sangat bagus dan bermanfaat sekali jika para tholabul ilmi membaca dan mempelajari kitab ini ,meski sang penulis beliau bermadzhab hanafi.
Beberapa keunggulan yang dimiliki kitab ini, yang menjadikannya layak menjadi buku bacaan wajib mahasiswa fakultas syariah, diantaranya ialah :
Pertama, Syaikh Al-qonawi, sang penulis menggunakan manhaj/metode penulisan kitab ini seperti kitab-kitab fiqih pada umumnya, dengan dimulai dengan pembahasan tentang bab toharoh, bab solat, bab nikah, bab shiyam, bab haji dsb.
Kedua, sang penulis menyertakan arti/makna istilah-istilah fiqih secara metodology dan etimology dengan didukung oleh dalil-dalil dari al-qur'an, hadist dan ijma'.

Ketiga, disamping menyertakan dalil-dalil dari al-qur'an, hadist, dan ijma' , sang penulis juga menyertakan pendapat-pendapat ke-empat imam madzab (imam abu hanifah,imam malik, imam ahmad bin hambal, imam syafi'i).
Keempat, disertakan juga kitab-kitab maroji' dari kitab-kitab turost baik dari madzhab imam hanafi, syafi'i, maliki, hambali.
Nah inilah beberapa keunggulan yang ada dalam kitab ini, disamping itu juga kitab ini dijadikan kitab muqorror/referensi di fakultas syariah dan hukum, International Islamic university Islamabad Pakistan.
Untuk lebih jelasnya bisa didownload dan dibaca biar tahu lebih banyak dan lebih detail tentang istilah-istilah fiqih yang ada disekitar kita. Baarakallahu fiik.


klik Download